Tuesday, March 10, 2015

GALAH JIDAR

Galah Jidar (sumber)
Galah jidar dapat ditemui hampir disemua wilayah tanah air yang merupakan permainan tradisional dengan istilah daerah masing-masing. Permainan bisa dilakukan oleh dua orang atau lebih. Namun paling sering permainan dilakukan secara beregu atau berkelompok. Setiap regu atau kelompok terdiri dari masing-masing 3 hingga bisa mencapai belasan orang. Inti permainannya adalah melewati batang (garis) yang menjadi rintangan untuk dilangkahi dengan jumlah langkah semampu mungkin.

Kelompok pertama mempunyai kesempatan memulai permainan. Setelah seluruh anggota kelompok pertama secara bergiliran melakukan loncatan, giliran kelompok kedua melakukan hal yang sama. Setelah semua pemain melompati palang garis, seorang dari kelompok kedua mempunyai tugas untuk mengukur atau memindahkan palang garis.  Untuk menentukan menang dan kalah dalam permainan dalam satu kelompok ada anggota yang menginjak palang garis, yang dinyatakan kalah juga ditentukan bila ada anggota melakukan loncatan sesuai kesepakatan bersama dalam Semisal bilamana anggota pertama kelompok melakukan loncatan melewati palang garis, tapi ada anggota yang setelah dirinya dua atau lebih, maka kelompok tersebut dinyatakan kalah mendapat nilai.


Permainan ini pun bisa dilakuan dengan persaingan antar individu. Pemain dengan langkah yang lebih sedikit dalam melewati batang garis, maka dialah yang menjadi pertama. Secara otomatis, para pemain yang setelahnya harus mengikuti jumlah langkah pemain pertama tersebut. Boleh dengan langkah yang lebih banyak, asalkan pemain setelhnya melangkah dengan jumlah langkah yang sama atau lebih banyak. Pemain yang langkahnya paling banyak maka dialah yang menjaga dan memindahkan batang garis.

No comments:

Post a Comment