Sunday, June 21, 2015

KAJIAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM 1 : PENGANTAR


1.    Pengertian Ilmu Pendidikan
a.       Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam oleh Ahmad Tafsir
Ilmu pendidikan yaitu teori-teori tentang pendidikan.

2.    Pengertian Pendidikan Islam
a.      Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam oleh Ahmad Tafsir
Pendidikan Islam adalah bimbingan yang diberikan oleh seseorang kepada seseorang agar ia berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran Islam. Singkatnya, bimbingan terhadap seseorang agar ia menjadi Muslim semaksimal mungkin.
Pendidikan Islam adalah pendidikan yang berdasarkan Islam, yaitu berdasarkan ajaran yang bersumber pada Al-Quran dan Hadits serta akal.
b.      Ilmu Pendidikan Islam oleh Dra. Hj. Nur Unbiyati
Pendidikan Islam adalah sistem pendidikan yang dapat memberikan kemampuan seseorang untuk memimpin kehidupannya sesuai dengan cita-cita Islam.
c.       Kapita Selekta Pendidikan Islam oleh Drs. H. Djamaluddin dan Drs. Abdullah Aly
1)      Menurut Drs. Ahmad D. Marimba, Pendidikan Islam yaitu bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam. Kepribadian utama dinyatakan dengan istilah kepribadian Muslim, yaitu kepribadian yang memiliki nilai-nilai agama Islam, memilih dan memutuskan serta berbuat berdasarkan nilai-nilai Islam dan bertanggung jawab sesuai dengan nilai Islam.
2)      Pendidikan Islam adalah pendidikan yang memiliki 4 macam fungsi:
a)      Menyiapkan generasi muda untuk memegang peranan tertentu dalam masyarakat pada masa yang akan datang.
b)      Memindahkan ilmu pengetahuan yang bersangkutan dengan peranan-peranan tersebut dari generasi tua kepada generasi muda.
c)      Memindahkan nilai-nilai yang bertujuan untuk memelihara keutuhan dan kesatuan masyarakat yang akan menjadi syarat mutlak bagi kelanjutan hidup suatu masyarakat dan peradaban, nilai-nilai yang dipindahkan ialah nilai-nilai al-Quran, Sunah Nabi, qiyas, kemaslahatan umum, dan kesepakatan atau ijma’ ulama dan ahli-ahli pikir Islam.
d)     Mendidik anak agar beramal di dunia untuk memetik hasilnya di akhirat.

3.    Pengertian Ilmu Pendidikan Islam
a.      Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam oleh Ahmad Tafsir
Ilmu Pendidikan Islam adalah ilmu pendidikan yang berdasarkan Islam. Ilmu pendidikan Islam merupakan kumpulan teori tentang pendidikan berdasarkan ajaran Islam, yaitu bersumber pada Al-Quran, Hadits, dan akal.
b.      Ilmu Pendidikan Islam oleh Dra. Hj. Nur Unbiyati
Ilmu Pendidikan Islam adalah studi tentang sistem dan proses kependidikan yang berdasarkan Islam untuk mencapai produk atau tujuannya, baik secara teoritis maupun praktis.
c.       Filsafat Pendidikan Islam oleh Drs. Hasan Basri, M. Ag
Ilmu Pendidikan Islam adalah seperangkat pengetahuan yang berbasis kepada Al-Quran dan As-Sunnah ayng dijadikan landasan untuk pembelajaran dalam kehidupan.

4.    Pengertian Filsafat Pendidikan Islam
a.      Filsafat Pendidikan Islam oleh Dra. Zuhairini, dkk
Filsafat Pendidikan Islam adalah studi tentang pandangan filosofis dari sistem dan aliran filsafat dalam Islam terhadap masalah-masalah kependidikan dan bagaimana pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia muslim dan umat Islam juga merupakan studi tentang penggunaan dan penerapan metode  dan sistem filsafat Islam dalam memecahkan problematika pendidikan umat Islam, dan selanjutnya memberikan arah dan tujuan yang jelas terhadap pelaksanaan pendidikan umat Islam.
b.      Filsafat Pendidikan Islam oleh Drs. Hasan Basri, M. Ag
Filsafat pendidikan Islam adalah pengetahuan tentang sistem berpikir kritis, sistematis, logis, radikal, kontemplatif, dan spekulatif tentang metode, pendekatan, pola, dan berbagai model pendidikan yang islami yang diterapkan secara formal maupun nonfor,al, baik di sekolah, di keluarga maupun lingkungan masyarakat.
Filsafat pendidikan Islam mengkaji hakikat dan seluk beluk pendidikan yang bersumber dari Al-Quran dan As-Sunnah.

5.    Pengertian Pemikiran Pendidikan Islam
a.      H. Amirulloh Syarbini, M. Ag
pemikiran pendidikan Islam adalah proses kerja akal dan kalbu yang dilakukan secara sungguh-sungguh dalam melihat berbagai persoalan yang ada dalam pendidikan Islam dan berupaya untuk membangun sebuah konsep atau model pendidikan yang mampu menjadi wahana bagi pembinaan dan pengembangan peserta didik secara paripurna sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

b.      http://hadirukiyah.blogspot.com/2009/07/melacak-akar-pemikiran-pendidikan-islam.html
Pemikiran pendidikan islam adalah proses kerja akal dan kalbu yang dilakukan secara bersungguh-sungguh dalam melihat berbagai persoalan yang ada dalam pendidikan islam dan berupaya untuk membangun sebuah peradaban pendidikan yang mampu menjadi wahana bagi pembinaan dan pengembangan peserta didik secara paripurna.

6.    Perbedaan Ilmu Pendidikan Islam dengan Filsafat Pendidikan Islam dan Pemikiran Pendidikan Islam
Perbedaan ilmu Pendidikan Islam dengan Filsafat Pendidikan Islam yaitu, dalam ilmu pendidikan islam teori-teorinya harus logis dan ada bukti empirisnya. Sedangkan filsafat pendidikan islam teorinya hanya logis dan tidak ada bukti empiris.

7.    Manfaat mempelajari Ilmu Pendidikan Islam
a.      Ilmu Pendidikan Islam oleh Prof. Dr. Abuddin Nata, M. A
Ilmu Pendidikan Islam diperlukan untuk membangun pendidikan Islam yang unggul. Karena pendidikan Islam tidak lagi dapat dilaksanakan seadanya, melainkan harus sudah didasarkan pada teori, konsep, dan desain yang secara akademik dapat dipertanggungjawabkan.

Dengan mempelajari Ilmu Pendidikan Islam, kita dapat mengetahui bagaimana teori, konsep dan desain yang baik untuk membangun pendidikan Islam yang unggul dibanding pendidikan lainnya.

No comments:

Post a Comment